Social Icons

Rabu, 14 November 2012

MK ANTROPOLOGI


  1. Tujuan Dan Manfaat Mata Kuliah

Sebagai bagian dari Ilmu Sosial, Antropologi lahir setelah ilmu-ilmu alam berkembang pesat, baik dari perspektif, paradigma, pendekatan maupun metodologinya. Di dalam tradisi ilmu-ilmu social, perkembangannya sangat pesat. Hal ini sangat seirama dengan penaklukan berbagai negeri lain di luar Negara Eropa, seperti Asia, Amerika, dan Afrika. Dengan demikian, untuk menapaki perkembangan seperti itu, banyak ahli beranggapan bahwa antropologi memiliki bias imperialisme eropa pada sekitar awal abad ke 16 sampai abad ke 20.
Sejarah sebagai bagian dari ilmu sosial tentunya tidak bisa dipisahkan dengan disiplin ilmu sosial lainnya. Sejarah tidak bisa lagi berdiri sendiri dalam menganalisis struktur kehidupan budaya masyarakat. Makanya mata kuliah pengantar antropologi amatlah penting posisinya sebagai ilmu bantu sejarah. Mata kuliah ini juga membantu mahasiswa ketika hendak mengkaji sejarah kebudayaan.
  1. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah pengantar Antropologi pada dasarnya akan mengetengahkan kepada mahasiswa pokok-pokok materi sebagai berikut : Azaz-Azas dan Ruang lingkup Antropologi, Makhluk Manusia, Kepribadian, Masyarakat, Kebudayaan, Dinamika Masyarakat dan kebudayaan, Orientasi Nilai Budaya, Pengembangan Kultur lokal di Indonesia.




C. Tujuan Perkuliahan
Setelah mengikuti mata kuliah Pengantar Antropologi mahasiswa diharapkan sudah memiliki seperangkat asas pengetahuan dan pemahaman serta mampu menjelaskan hal-hal pokok berikut ini :
1.  Azaz-Azas dan Ruang lingkup Antropologi,
2. Makhluk Manusia,
3. Kepribadian,
4. Masyarakat,
5. Kebudayaan,
6. Dinamika Masyarakat dan kebudayaan,
7. Orientasi Nilai Budaya,
8. Pengembangan Kultur lokal di Indonesia.
D. Strategi Perkuliahan.
Dalam mata kuliah Pengantar Antropologi, Penyampaian materi perkuliahan dilakukan dengan berbagai metode atau teknik penyampaian seperti; ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas setiap empat kali pertemuan.
Urutan kegiatan instruksional yang digunakan untuk mencapai hasil belajar secara maksimal sesuai dengan tujuan, dilakukan dengan tahapan-tahapan antara lain; Pendahuluan, Penyajian Materi dan tanya jawab, Penutup. Adapun tahapan penyajian materi berupa; uraian materi perkuliahan dengan penekanan yakni lebih banyak pemberian tugas.
Akan tetapi yang lebih banyak digunakan dalam kuliah Pengantar Antropologi adalah ceramah tatap muka dan pemberian tugas serta diskusi. Pemberian Tugas, dilakukan  dengan memberikan sesuai acuan sub pokok bahasan yang sudah dibagi mahasiswa dalam beberapa kelompok dan terdiri atas lima sampai tujuh orang per kelompok.
E.     Bahan Acuan Perkuliahan
Budhisantoso, Subur. 1994. Integrasi Kebudayaan Nasional Indonesia. Jakarta : Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional (A)

Koentjaraningrat. 1999. Pengantar Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta. (B)
Marzali, Amri. 2005. Antropologi dan Pembangunan Indonesia.(C)
Purwanto, Hari.2003. Antropologi Lingkungan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. (D)
Semedi, Pudjo & Kodiran. 2004. Antropologi Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. (E)
Slamet, Margono. 2001. Teknologi dalam Kehidupan Manusia. Bandung : Pustaka Setia. (F)
Soekanto, Soerjono. 2000. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Pers. (G)
Soeratman, Darsiti. 1986. Ki Hajar Dewantara. Jakarta : Depdikbud (H)
Sutrisno, Mudji. 2009. Teori-Teori Kebudayaan. Yogyakarta : Kanisius. (I)
Syam, Nur. 2007. Mazhab-Mashab Antropologi. Yogyakarta : LKiS. (J)
Yodoseputro, Wiyoso. 2008. Jejak-Jejak Tradisi Bahasa Rupa Indonesia. Jakarta : Yayasan Seni Visual Indonesia. (K)

    





F. Tugas Terstruktur
            Untuk memacu kreatifitas mahasiswa serta menumbuhkan minat baca maka akan diberikan tugas sebagai berikut :
1.      Membuat makalah kelompok 1 kali
2.      Membuat makalah individu 2 kali
3.      Mereview buku 1 kali.
G. Penilaian
a.  Aspek dan Bobot yang Dinilai
Penentuan nilai akhir mata kuliah Pengantar Antropologi dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dari beberapa komponen penilaian yang komposisinya sebagai berikut :

M a k a l a h
20 %
Rangkuman Buku
10 %

Hasil Ujian Tengah Semester

25 %
Hasil Ujian Ahir Smester
35 %
Kehadiran dan Partisipasi kegiatan kelas
10 %

b.   Kriteria Nilai Ahir
Penilaian hasil prestasi belajar mahasiswa dinyatakan dengan nilai berupa angka dan huruf yang mencerminkan tentang rentang tingkat penguasaan mahasiswa terhadap materi mata kuliah Pengantar Antropologi. Adapun rentang yang dimaksud terlampir dalam tabel berikut :



Nilai Huruf
Nilai Angka
Rentang Tingkat Penguasaan
A
4
91 – 100 %
B
3
76 –  90 %
C
2
61 -  75 %
D
1
51 -  60 %
E
0
< 50 %


I. Jadwal Perkuliahan
Pertemuan
Pokok Bahasan
Bacaan
I
1. Kontrak Perkuliahan
2. Azas-Azas dan ruang linkup antropologi
A, B, C, D, E, H
II dan III
Makhluk Manusia
A, B D, F, G, I, K
IV dan V
Kepribadian
A, B, C, F, G, H, I
VI dan VII
Masyarakat
A, B, C, D, E, H,
VIII
UTS

IX dan X
Kebudayaan,
A, B, C, F, G, H, J, K
XI dan XII
Dinamika Masyarakat dan kebudayaan
B, F, H, L
XIII dan XIV
Orientasi Nilai Budaya
B, F, K, L, N, O
XV dan XVI
Pengembangan Kultur lokal di Indonesia
A, B, D, H, N










GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN
NAMA MATA KULIAH                : PENGANTAR ANTROPOLOGI
NOMOR KODE/SKS                       : F22C207/2
TUJUAN MATA KULIAH               : Sebagai bagian dari Ilmu Sosial, Antropologi lahir setelah ilmu-ilmu alam berkembang pesat, baik dari perspektif, paradigma, pendekatan maupun metodologinya. Di dalam tradisi ilmu-ilmu social, perkembangannya sangat pesat. Hal ini sangat seirama dengan penaklukan berbagai negeri lain di luar Negara Eropa, seperti Asia, Amerika, dan Afrika. Dengan demikian, untuk menapaki perkembangan seperti itu, banyak ahli beranggapan bahwa antropologi memiliki bias imperialisme eropa pada sekitar awal abad ke 16 sampai abad ke 20.

Sejarah sebagai bagian dari ilmu sosial tentunya tidak bisa dipisahkan dengan disiplin ilmu sosial lainnya. Sejarah tidak bisa lagi berdiri sendiri dalam menganalisis struktur kehidupan budaya masyarakat. Makanya mata kuliah pengantar antropologi amatlah penting posisinya sebagai ilmu bantu sejarah. Mata kuliah ini juga membantu mahasiswa ketika hendak mengkaji sejarah kebudayaan.

DESKRIPSI SINGKAT                     : Mata kuliah pengantar Antropologi pada dasarnya akan mengetengahkan kepada mahasiswa pokok-pokok materi sebagai berikut : Azaz-Azas dan Ruang lingkup Antropologi, Makhluk Manusia, Kepribadian, Masyarakat, Kebudayaan, Dinamika Masyarakat dan kebudayaan, Orientasi Nilai Budaya, Pengembangan Kultur lokal di Indonesia.








No.
Tujuan Intruksional Khusus
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Estimasi
Waktu
Pustaka
1
Menjelaskan azas-azas dan ruang lingkup Antropologi
azas-azas dan ruang lingkup Antropologi
Fase-fase perkembangan Antropologi, Cabang-cabang ilmu Antropologi, Metode ilmiah Antropologi
2x50 menit
A, B, C, D, E, H
2
Menjelaskan ciri-ciri khas Makhluk Manusia
Makhluk Manusia
Perbedaan manusia dengan makhluk lain, Evolusi ciri-ciri biologi, Evolusi primat manusia, Aneka warna manusia, organisma manusia
4x50 menit
A, B D, F, G, I, K
3
Menjelaskan pengertian dan ruang linkup Kepribadian
Kepribadian
Defenisi kepribadian, Unsur-unsur kepribadian, Materi kepribadian, Aneka warna kepribadian
4x50 menit
A, B, C, F, G, H, I
4
Menjelaskan pengertian dan unsur-unsur Masyarakat
Masyarakat
Defenis masyarakat, Wuujud kolektif manusia, unsur-unsur masyarakat, integrasi masyarakat
4x50 menit
A, B, C, D, E, H,
5
Menjelaskan pengertian dan unsur Kebudayaan,
Kebudayaan,
Defenisi Kebudayaan, Wujud kebudayaan, unsur-unsur kebudayaan, integrasi kebudayaan
4x50 menit
A, B, C, F, G, H, J, K
6
Menjelaskan penyebab terjadinya Dinamika Masyarakat dan kebudayaan
Dinamika Masyarakat dan kebudayaan
Konsep mengenai pergeseran kebudayaan, Evolusi budaya, divusi, akulturasi dan asimilasi
4x50 menit
B, F, H, L
7
Menjelaskan pengertian Orientasi Nilai Budaya
Orientasi Nilai Budaya
Konsep nilai, konsep orientasi nilai, orientasi nilai menurut para ahli
4x50 menit
B, F, K, L, N, O
8
Menjelaskan usaha-usaha dalam Pengembangan Kultur lokal di Indonesia
Pengembangan Kultur lokal di Indonesia
Masyarakat majemuk nusantara, Masyarakat Bhineka Tunggal ika, Hambatan dan tantangan masyarakat majemuk, multikulturalisme
4x50 menit
A, B, D, H, N



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bumi

AKU DAN MASAKU

Ahmad Munawir Saleh

Menu

Gallery Slider(Do Not Edit Here!)

Search

Copyright Text

 

Sample text

Sample Text

Sample Text