Social Icons

Senin, 12 November 2012

RPP Sma

RPP (1) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ 1 WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru II. Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia III. Indikator pencapaian : 3.1. Menjelaskan persiapan kemerdekaan Indonesia di bidang politik 3.2. Menghubungkan peristiwa Rengasdengklok dalam hubungannya dengan perumusan naskah proklamasi 3.3. Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia VI. Tujuan Pembelajaran 4.1. Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI 4.2. Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga perumusan naskah Proklamasi 4.3. Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia V. Materi Ajar 1. Persiapan kemerdekaan Indonesia bidang politik 2. Perumusan naskah proklamasi 3. Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia VI. Metode : Diskusi, ceramah, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan • Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai posisi Jepang dalam Perang Dunia II yang berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah kolonial Jepang di Indonesia. • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Kegiatan Inti • Guru membagi peserta didik dalam dua kelompok dan materi dibagi dalam dua bagian, yaitu BPUPKI dan PPKI. Setiap kelompok menganalisis satu materi yang berbeda dan mempresentasikannya di depan kelas. Setiap kelompok diberi waktu dua puluh menit untuk presentasi dan tanya jawab serta memberikan hasil kesimpulan diskusi untuk dipelajari oleh kelompok lain. • Guru menjelaskan peristiwa Rengasdengklok, penyusunan naskah Proklamasi, dan makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diselingi tanya jawab dengan peserta didik. • Peserta didik membuat sebuah kronologi singkat dari peristiwa-peristiwa politik di seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 3. Kegiatan Penutup • Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. • Menarik kesimpulan materi. VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.21. Wayan Badrika 2006. Sejarah. Kelas XII. Erlangga Jakarta 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1. Muhammad Yamin. 1956. Atlas Sejarah dan Lukisan Sejarah. Jembatan. Jakarta. 8.2.2. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian Tindak lanjut 1. Jelaskan upaya persiapan kemerdekaan Indonesia dalam bidang politik 2. Jelaskan jalannya peristiwa Rengasdengklok hingga pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (2) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ 1 WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru II. Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia III. Indikator pencapaian : 3.1. Menjelaskan proses pembentukan lembaga-lembaga kelengkapan negara VI. Tujuan Pembelajaran 4.1. Mendeskripsikan hasil sidang PPKI tanggal 18, 19 dan 22 Agustus 1945 4.2. Mendeskripsikan perubahan Otoritas KNIP dan Lembaga Kepresidenan 4.3. Mendeskripsikan Pembentukan kekuatan pertahanan dan keamanan. V. Materi Ajar V.1. Hasil sidang PPKI V.1.1. Hasil sidang PPKI tanggal 18 agustus 1945 a. Perubahan pada pembukaan UUD 1945 b. Perubahan terhadap Batang Tubuh c. Pengangkatan presiden dan wakil presiden d. Pembentukan komite nasional V.1.2. Hasil sidang PPKI tanggal 19 Agusrus 1945 a. Pembagian wilayah Indonesia b. Menetapkan Kementrian dalam Lingkungan Pemerintahan V.1.3. Hasil sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945 a. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat b. Pembentukan Partai Nasional Indonesia c. Pembentukan Badan Keamanan Rakyat V.1. Perubahan Otoritas KNIP dan Lembaga Kepresidenan V.1. Pembentukan kekuatan pertahanan dan keamanan a. Pembentukan BKR b. Pembentukan Tentara Nasional Indonesia VI. Metode : ceramah, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan • Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia yang telah berhasil dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945. • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Kegiatan Inti • Guru menjelaskan pembentukan kelengkapan Negara diselingi dengan Tanya jawab kepada siswa. 3. Kegiatan Penutup • Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. • Menarik kesimpulan materi. VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.21. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1. Muhammad Yamin. 1956. Atlas Sejarah dan Lukisan Sejarah. Jembatan. Jakarta. 8.2.2. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian Tindak lanjut 3. Jelaskan upaya persiapan kemerdekaan Indonesia dalam bidang politik 4. Jelaskan jalannya peristiwa Rengasdengklok hingga pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (3) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ 1 WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru II. Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950 III. Indikator pencapaian : 3.1. Membuat peta wilayah pendudukan Belanda dan pusat-pusat konflik Indonesia- Belanda di berbagai daerah secara kronoligis. 3.2. Membandingkan peran masing-masing daerah dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia 3.3. Menghubungkan perbedaan ideologi dan strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik diantara kelompok politik di Indonesia. VI. Tujuan Pembelajaran a. Menggambarkan peta wilayah dan pendudukan Belanda dan pusat-pusat konflik Indonesia- Belanda b. Mejelaskan secara kronologis pertempuran-pertempuran yang teradi di berbagai daerah c. Menghubungkan perbedaan ideologi dan strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik diantara kelompok politik di Indonesia V. Materi Ajar 5.1. Peta wilayah pendudukan Belanda dan pusat-pusat konflik Indonesia-Belanda di berbagai daerah secara kronologis. 5.2. Peran masing-masing daerah dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia 5.3. Hubungan perbedaan ideologi dan strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik antara kelompok politik di Indonesia. VI. Metode : ceramah, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan • Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai kedatangan kembali sekutu ke Indonesia yang diboncengi oleh NICA. • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 5. Kegiatan Inti • Guru menjelaskan beberapa pertempuran-pertemuan yang terjadi di berbagai daerah. • Peserta didik membuat sebuah kronologi singkat dari pertempuran-pertemuan yang terjadi serta membandingkan pola-pola perjuangan yang dilakukan d masing-masing daerah. 3. Kegiatan Penutup • Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. • Menarik kesimpulan materi. VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian Tindak lanjut 1. Buatlah peta wilayah pendudukan Belanda dan pusat-pusat konflik Indonesia- Belanda di berbagai daerah. 2. Jelaskan strategi apa yang yang ditempuh dalam menghadapi Belanda? Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (4) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ 1 WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru II. Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950 III. Indikator pencapaian : 3.1. Menghubungkan hasil Konfrensi Meja Bundar dengan berkelanjutannya konflik Indonesia-Belanda. 3.2. Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia dalam bidang militer, sampai tahun 1950. VI. Tujuan Pembelajaran 4.1. Menjelaskan hasil konfrensi Meja Bundar 4.2. Menjelaskan makna Konfrensi Meja Bundar bagi bangsa Indonesia. 4.3. Mengetahui kebijakan militer pemerintah Indonesia dalam bidang militer sampai tahun 1950. V. Materi Ajar 5.4. Hubungan hasil Konfrensi Meja Bundar dengan berkelanjutnya konflik Indonesia-Belanda. 5.5. Kebijakan pemerintah Indonesia dalam bidang ekonomi, birokrasi dan hubungan pusat-daerah dan militer sampai tahun 1950. VI. Metode : ceramah, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 3. Kegiatan Pendahuluan • Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai upaya bangsa Indonesia dalam melawan Belanda melalui berbagai pertempuran yang terjadi di berbagai daerah sampai berakhir dengan konfrensi Meja Bundar. • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 6. Kegiatan Inti • Guru menjelaskan materi pembelajaran secara singkat • Peserta didik membuat daftar pertanyaan menyangkut materi pelajaran. Guru menjawab pertanyaan dengan melibatkan seluruh siswa. 3. Kegiatan Penutup • Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. • Menarik kesimpulan materi. VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian Tindak lanjut 1. Sebutkan isi konfrensi Meja Bundar 2. Apa makna konfrensi Meja Bundar bagi bangsa Indonesia 3. Bagaimana kebijakan pemerintah Indonesia dalam bidang ekonomi, birokrasi dan hubungan pusat-daerah dan militer sampai tahun 1950. Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (5) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ 1 WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru II. Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950 III. Indikator pencapaian : 3.1. Menganalisis perkembangan keragaman ideologi dan partai politk dengan perubahan otoritas KNIP dan lembaga kepresidenan pada awal kemerdekaan VI. Tujuan Pembelajaran 4.1. Mengetahui kabinet presidentil pertama 4.2. Mejelaskan isi dan makna Maklumat Pemerintah No X Tanggal 16 Oktober 1945 4.3. Menjelaskan isi dan makna Maklumat Pemerintah Tanggal 3 November 1945 4.4. Menyebutkan beberapa partai yang berdiri pada masa cabinet parlementer 4.5. Menjelaskan isi dan makna malumat pemerintah tanggal 14 november 1945 V. Materi Ajar 3.2. Perkembangan keragaman ideology dan partai poltik dengan perubahan otoritas KNIP dan lembaga kepresidenan pada awal kemerdekaan. VI. Metode : ceramah, diskusi kelompok, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 4. Kegiatan Pendahuluan • Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara garis besar cabinet presidential pertama yang kemudian tergantikan dengan cabinet parlementer. • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 7. Kegiatan Inti • Guru membagi kelompok menjadi 3 bagian. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk membahas mengenai maklumat pemerintah tanggal 16 oktober 1945, tanggal 3 oktober 1945 dan tanggal 14 oktober 1945. Setelah itu, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pembahasan kelompok yang telah dilakukan. Setiap siswa diharapkan dapat aktif dalam kegiatan ini. 3. Kegiatan Penutup • Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. • Menarik kesimpulan materi. VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) terlampir 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian Tindak lanjut 1. Penilaian kelompok Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (6) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ 1 WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru II. Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950 III. Indikator pencapaian : 3.1. Menganalisis kebijakan pinjaman nasional pada awal kemerdekaan. 3.2. Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia melakukan Nasionalisasi De Javasche Bank menjadi Bank Indonesia bila dibandingkan dengan mendirikan bank baru. VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.6. Menganalisis kebijakan pinjaman nasional pada awal keerdekaan 4.7. Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia melakukan Nasionalisasi De Javasche Bank menjadi Bank Indonesia bila dibandingkan dengan mendirikan bank baru. V. Materi Ajar 5.1. Perkembangan ekonomi dan keuangan pada awal kemerdekaan 5.2. Perkembangan perbankan pada awal kemerdekaan VI. Metode : ceramah, diskusi kelompok, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 5. Kegiatan Pendahuluan • Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai upaya-upaya pemerintah dalam menggiatkan kegiatan ekonomi Indonesia • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 8. Kegiatan Inti • Guru menjelaskan secara lengkap mengenai kebijakan peminjaman nasional pada awal kemerdekaan dan selanjutnya menjelaskan upaya dalam Nasionalsisasi De Javasche Bank bila dihubungkan dengan membuat bank baru 3. Kegiatan Penutup • Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. • Menarik kesimpulan materi. VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (7) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ 1 WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru II. Kompetensi Dasar : 1.3. Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI 1965) III. Indikator pencapaian : 3.1. Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan 3.2. Menjelaskan hubungan disintegrasi bangsa dengan terjadinya pergolakan dan pemberontakan (antara lain : PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI 1965) VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.1. Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan 4.2. Menjelaskan hubungan disintegrasi bangsa dengan terjadinya pergolakan dan pemberontakan (antara lain : PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI 1965) V. Materi Ajar 5.1. Pergolakan sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan 5.2. Ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain : PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI 1965) VI. Metode : ceramah, diskusi kelompok, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 1. Motivasi belajar : Memberi nasehat dgn contoh-contoh orang yang berjasa 2. Apersepsi : Membuka pelajaran dengan menjelaskan kehidupan sosial masyarakat pada awal kemerdekaan Kegiatan inti Eksplorasi 1. Guru memberikan materi esensial secara singkat Elaborasi 2. Mendiskusikan gejolak sosial yang terjadi di berbagai daerah pada awal kemerdekaan Kegiatan akhir 1. Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 2. Guru memberikan tugas mandiri tidak terstruktur Bagimanakah peran Kahar Muzakkar dan Andi Aziz dalam kaitannya dengan pemberontakan yang terjadi di Sulawesi Selatan. 3 5 30 4 5 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) Terlampir 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian tindak lanjut 1. Jelaskan latar belakang terjadinya pemberontakan dan upaya penumpasan pemberontakan: a. PKI Madiun 1948 b. DI/TII c. Andi Aziz d. RMS e. PRRI f. Permesta g. G-30-S-1965 Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (9) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ 1 WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru II. Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI 1965) III. Indikator pencapaian : 3.1. Menganalisis satu hipotesis terjadinya peristiwa G-30-S-1965/PKI 3.2. Membandingkan dua pendapat tentang terjadinya G-30-S-1965/PKI VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.1. Menganalisis satu hipotesis terjadinya peristiwa G-30-S-1965/PKI 4.2. Membandingkan dua pendapat tentang terjadinya G-30-S-1965/PKI V. Materi Ajar 5.1. Berbagai aksi PKI sebelum Peristiwa G-30-S-1965/PKI 5.2. Perseteruan antara PKI dan Angkatan Darat 5.3. Pelaksanaan Gerakan 30 September PKI 1965 (G-30-S/PKI 1965) 5.4. Penumpasan G-30-S-1965/PKI 5.5. Pendapat para ahli tentang peristiwa G-30-S-1965/PKI VI. Metode : ceramah, diskusi kelompok, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 1. Motivasi belajar : Memberi nasehat dgn contoh-contoh orang yang berjasa 2. Apersepsi : Membuka pelajaran dengan menjelaskan masuknya pengaruh komunis di Indonesia Kegiatan inti Eksplorasi 3. Guru memberikan materi esensial secara singkat 4. Guru menganjurkan membuat kelompok Elaborasi 5. Mendiskusikan latar belakang munculnya Partai Komunis Indonesia 6. Mendiskusikan sepak terjang PKI dalam kancah perpolitikan Indonesia 7. Mendiskusikan scenario penculikan para perwira muda TNI oleh para PKI Kegiatan akhir 8. Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 3 5 30 4 3 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) Terlampir 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian tindak lanjut 1. Apa yang melatar belakangi perseteruan antara PKI dengan angkatan darat. 2. Bagaimana jalannya Gerakan 30 September PKI 1965 Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (10) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ 1 WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru II. Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI 1965) III. Indikator pencapaian : 3.1. Mendeskripsikan dampak sosial-politik dari peristiwa G-30-S-1965/PKI 3.2. Mendeskripsikan proses peralihan kekuasaan politik setelah peristiwa G-30-S-1965/PKI VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.1. Mendeskripsikan dampak sosial-politik dari peristiwa G-30-S-1965/PKI 4.2. Mendeskripsikan proses peralihan kekuasaan politik setelah peristiwa G-30-S-1965/PKI V. Materi Ajar 5.1. Dampak sosial-politik dari peristiwa G-30-S-1965/PKI 5.2. Lahirnya Tri Tura 5.3. Proses peralihan kekuasaan politik setelah peristiwa G-30-S-1965/PKI VI. Metode : ceramah, , pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 1. Motivasi belajar : Memberi nasehat dgn contoh-contoh orang yang berjasa 3. Apersepsi : Membuka pelajaran dengan merekonstruksi kembali Gerakan 30 September 1965 Kegiatan inti Eksplorasi 9. Guru memberikan materi esensial secara singkat Elaborasi 10. Mendiskusikan dampak sosial politik dari perstiwa G-30-S-1965/PKI 11. Mendiskusikan aksi-aksi yang terjadi diberbagai tempat hingga melahirkan tri tura 12. Mendiskusikan masa transisi kekuasaan setalah terjadi peristiwa G-30-S-1965/PKI Kegiatan akhir 13. Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 3 5 30 4 3 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) Terlampir 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian tindak lanjut 1. Bagaimana reaksi masyarakat terhadap G-30-S-1965/PKI. 3. Jelaskan latar belakang lahirnya SUPERSEMAR Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (11) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ 1 WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru II. Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan. III. Indikator pencapaian : 3.1. Menghubungkan perkembangan politik dengan perubahan masyarakat di Indonesia pada awal kemedekaan 3.2. Mengidentifikasi factor-faktor penyebab kegagalan penyusunan undang-undang dasar baru. VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.1. Menghubungkan perkembangan politik dengan perubahan masyarakat di Indonesia pada awal kemedekaan 4.2. Mengidentifikasi factor-faktor penyebab kegagalan penyusunan undang-undang dasar baru. V. Materi Ajar 5.1. Perkembangan politik dengan perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya mengisi kemedekaan 4.1. Mengidentifikasi factor-faktor penyebab kegagalan penyusunan undang-undang dasar baru. VI. Metode : ceramah, , pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 1. Motivasi belajar : Memberi nasehat dgn contoh-contoh orang yang berjasa 2. Apersepsi : Membuka pelajaran dengan merekonstruksi kembali Proklamasi Kemerdekaan RI Kegiatan inti Eksplorasi 3. Guru memberikan materi esensial secara singkat Elaborasi 4. Mendiskusikan reaksi masyarakat terhadap berdirinya Negara RIS 5. Mendiskusikan kembalinya RIS menjadi Negara Kesatuan RI 6. Mendiskusikan penyebab kegagalan penyusunan undang-undang dasar baru. Kegiatan akhir 7. Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 3 5 30 4 3 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) Terlampir 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian tindak lanjut 1. Apa latar belakang kembalinya RIS ke NKRI 2. Apa penyebab kegagalan penyusunan UUD baru sebagai pengganti dari UUD sementara Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (12) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ 1 WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru II. Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan. III. Indikator pencapaian : 3.1. Menghubungkan kebijakan ekonomi pemerintah dengan kondisi ekonomi nasional dan daerah pada masa demokrasi terpimpin VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.1. Menghubungkan kebijakan ekonomi pemerintah dengan kodisi ekonomi nasional dan daerah pada masa demokrasi terpimpin. V. Materi Ajar 5.1. Hubungkan kebijakan ekonomi pemerintah dengan kondisi ekonomi nasional dan daerah sampai tahun 1965. VI. Metode : ceramah, , pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 1 .Motivasi belajar : Memberi nasehat dgn contoh-contoh orang yang berjasa 2 Apersepsi : Membuka pelajaran dengan menjelaskan awal mula lahirnya Demokrasi Terpimpin. Kegiatan inti Eksplorasi 3 Guru memberikan materi esensial secara singkat Elaborasi 4 Mendiskusikan latar belakng lahirnya BAPPENAS. 5 Mendiskusikan langkah pemerintah untuk membendung laju inflasi. 6 Mendiskusikan tujuan terbentuknya DEKON 7 Mendiskusikan system ekonomi yang dipakai pada masa pemerintahan Demokrasi Terpimpin. Kegiatan akhir 8 Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 3 5 30 4 3 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) Terlampir 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian tindak lanjut 1. Jelaskan sistem ekonomi apa yang dipakai pada masa pemerintahan Demokrasi Terpimpin? 2. Jelaskan upaya pemerintah dalam upaya menaggulangi inflasi? 3. Apa tujuan dikeluarkannya DEKON? Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. H. Muh. Bahri, M.Pd. Dra. Salmah Abdullah Nip. 195908161968011002 RPP (13) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XII/ 1 WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru II. Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan. III. Indikator pencapaian : 3.1. Membandingkan secara analisis sistem dan struktur politik pada masa Demokrasi Liberal dengan Demokrasi Terpimpin serta pengaruh yang ditimbulkannya. VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.1. Membandingkan secara analisis sistem dan struktur politik pada masa Demokrasi Liberal dengan Demokrasi Terpimpin serta pengaruh yang ditimbulkannya. V. Materi Ajar 5.1. Membandingkan secara analisis sistem dan struktur politik pada masa Demokrasi Liberal dengan Demokrasi Terpimpin serta pengaruh yang ditimbulkannya. VI. Metode : ceramah, , pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 1. .Motivasi belajar : Memberi nasehat dgn contoh-contoh orang yang berjasa 2. Apersepsi : Membuka pelajaran dengan menjelaskan upaya memantapkan konsepsi dasar Negara Indonesia Kegiatan inti 3. Guru memberikan materi esensial secara singkat 4. Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok. Masing-masing kelompok membahas Masa Demokrasi Terpimpin dan Masa Demokrasi Liberal Kegiatan akhir 5. Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 3 5 30 3 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) Terlampir 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian tindak lanjut 1. Jelaskan system dan struktur politik pada Masa Demokrasi Liberal? 2. Jelaskan system dan struktur politik pada Masa Demokrasi Terpimpin? Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (14) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ II WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi II. Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis perkembangan pemerintahan Orde Baru III. Indikator pencapaian : 3.1. Menjelaskan proses peralihan kekuasaan politik setelah peristiwa G-30-S-1965/PKI 3.2. Mengidentifikasi ciri-ciri pokok kebijakan pemerintah Orde Baru VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.1. Menjelaskan proses peralihan kekuasaan politik setelah peristiwa G-30-S-1965/PKI 4.2. Mengidentifikasi ciri-ciri pokok kebijakan pemerintah Orde Baru V. Materi Ajar 5.1. Proses peralihan kekuasaan politik setelah peristiwa G-30-S-1965/PKI 5.2. Ciri-ciri pokok kebijakan pemerintah Orde Baru VI. Metode : ceramah, diskusi kelompok, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 1. Motivasi belajar : Memberi nasehat dgn contoh-contoh pahlawan revolusi yang telah berjasa. 2. Apersepsi : Membuka pelajaran dengan menjelaskan gerakan 30 September 1965/PKI Kegiatan inti Eksplorasi 14. Guru memberikan materi esensial secara singkat Elaborasi 15. Mendiskusikan latar belakang lahirnya SUPERSEMAR 16. Mendiskusikan beberapa program kerja Orde Baru Kegiatan akhir 3. Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 4. Guru memberikan tugas mandiri tidak terstruktur Bagimanakah peran Suharto dalam penumpasan Gerakan 30 September 1965/PKI 3 5 30 4 3 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) Terlampir 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian tindak lanjut 1. Jelaskan latar belakang lahirnya SUPERSEMAR 2. Sebutkan isi SUPERSEMAR 3. Sebutkan program perjuangan Orde Baru Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (15) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ II WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi II. Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis perkembangan pemerintahan Orde Baru III. Indikator pencapaian : 3.1. Menghubungkan dampak menguatnya peran Negara terhadap kehidupan masyarakat pada masa Orde Baru 3.2. Menghubungkan dampak menguatnya peran Negara terhadap kehidupan politik pada masa Orde Baru 3.3. Menghubungkan dampak menguatnya peran Negara terhadap kehidupan media massa pada masa Orde Baru VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.1. Menghubungkan dampak menguatnya peran Negara terhadap kehidupan masyarakat pada masa Orde Baru 4.2. Menghubungkan dampak menguatnya peran Negara terhadap kehidupan politik pada masa Orde Baru 4.3. Menghubungkan dampak menguatnya peran Negara terhadap kehidupan media massa pada masa Orde Baru V. Materi Ajar 5.1. Dampak menguatnya peran Negara terhadap kehidupan masyarakat, politik, dan media massa pada masa Orde Baru yang dibuktikan dalam Ketetapan No.XXXIII/MPRS/1967 tanggal 12 Maret 1967 VI. Metode : ceramah, diskusi kelompok, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 1. Motivasi belajar : Memberi nasehat 2. Apersepsi : Membuka pelajaran dengan menjelaskan masa peralihan pemerintahan ke Orde Baru Kegiatan inti Eksplorasi 3. Guru memberikan materi esensial secara singkat Elaborasi 4. Mendiskusikan kehidupan politik pada masa orde baru 5. Mendiskusikan kehidupan masarakat pada masa Orde Baru Kegiatan akhir 6. Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 7. Guru memberikan tugas mandiri tidak terstruktur Sebutkan isi Ketetapan No. XXXIIIMPRS/1967 tanggal 12 Maret 1967 3 5 30 4 3 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) Terlampir 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian tindak lanjut 1. Jelaskan kehidupan politik pada masa Orde Baru 2. Jelaskan kehidupan politik pada masa Orde Baru Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (17) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ II WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi II. Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya Reformasi III. Indikator pencapaian : 3.1. Menjelaskan pengaruh Perang Dingin terhadap Indonesia 3.2. Menjelaskan peran Bank Dunia, lembaga keuangan lainnya dalam kebijakan ekonomi setelah tahun 1965 3.3. Menjelaskan perkembangan modal asing setelah tahun 1965 di Indonesia VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.1. Menjelaskan pengaruh Perang Dingin terhadap Indonesia 4.2. Menjelaskan peran Bank Dunia, lembaga keuangan lainnya dalam kebijakan ekonomi setelah tahun 1965 4.3. Menjelaskan perkembangan modal asing setelah tahun 1965 di Indonesia V. Materi Ajar 5.1. Pengaruh Perang Dingin terhadap Indonesia 5.2. Peranan Bank Dunia, IMF, dan lembaga keuangan lainnya dalam kebijakan ekonomi Indonesia serta perkembangan modal asing setelah tahun 1965 VI. Metode : ceramah, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 1. Motivasi belajar : Memberi nasehat dgn menjelaskan tokoh-tokoh pahlawan nasonal kemerdekaan Indonesia 3. Apersepsi : Membuka pelajaran dengan menjelaskan kuatnya pengaruh dunia internasional terhadap kehidupan berbangsa masyarakat Indoensia 4. Kegiatan inti Eksplorasi 2. Guru memberikan materi esensial secara singkat Elaborasi 3. Mendiskusikan kuatnya pengaruh Blok Barat yang berhaluan Liberal dan Blok Timur yang berhaluan komunis terhadap bangsa Indonesia Kegiatan akhir 4. Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 5. Guru memberikan tugas mandiri tidak terstruktur Jelaskan perbadaan antara paham komunis dengan paham liberal 3 5 30 4 5 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) Terlampir 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Penilaian tindak lanjut 1. Jelaskan pengaruh perang dingin terhadap Indonesia 2. Bagaimana peran Bank Dunia terhadap perekonomian Indonesia Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (18) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ II WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi II. Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya Reformasi III. Indikator pencapaian : 3.1. Menganalisis faktor-faktor penyebab munculnya tuntutan reformasi dan jatuhnya pemerintah Orde Baru 3.2. Menghubungkan krisis politik, ekonomi, dan sosial dengan jatuhnya pemerintah Orde Baru 3.3. Menganalisis jatuhnya pemerintah Orde Baru secara kronologis VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.1. Menganalisis faktor-faktor penyebab munculnya tuntutan reformasi dan jatuhnya pemerintah Orde Baru 4.2. Menghubungkan krisis politik, ekonomi, dan sosial dengan jatuhnya pemerintah Orde Baru 4.3. Menganalisis jatuhnya pemerintah Orde Baru secara kronologis V. Materi Ajar 5.1. Krisis MultiDimensi yang melanda Indonesia 5.2. Adanya aksi damai Mahasiswa 5.3. Adanya Dwi Fungsi ABRI 5.4. Jatuhnya Orde Baru pada 21 Mei 1998 VI. Metode : ceramah, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 5. Motivasi belajar : Memberi nasehat Apersepsi : Membuka pelajaran dengan menjelaskan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada masa Orde Baru 6. Kegiatan inti Eksplorasi 3. Guru memberikan materi esensial secara singkat Elaborasi 4. Mendiskusikan beberapa bentuk ketimpangan sosial yang terjadi pada masa Orde Baru Kegiatan akhir 5. Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 6. Guru memberikan tugas mandiri tidak terstruktur Jelaskan pendapat anda mengenai pemerinahan Orde Baru 3 5 30 4 3 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 195512161980032007 RPP (19) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XI/ II WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi II. Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia pada masa-reformasi III. Indikator pencapaian : 3.1. Menjelaskan perkembangan politik setelah 21 Mei 1998 3.2. Menjelaskan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di berbagai daerah sejak reformasi VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 3.3. Menjelaskan perkembangan politik setelah 21 Mei 1998 4.4. Menjelaskan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di berbagai daerah sejak reformasi V. Materi Ajar 5.1. Perkembangan politik setelah 21 Mei 1998 5.2. Kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di berbagai daerah VI. Metode : ceramah, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 7. 1. Motivasi belajar : Memberi nasehat 8. 2. Apersepsi : Membuka pelajaran dengan menjelaskan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada masa Orde Baru 9. 10. 11. Kegiatan inti Eksplorasi 3. Guru memberikan materi esensial secara singkat Elaborasi 4. Mendiskusikan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat pada masa reformasi Kegiatan akhir 5. Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 6. Guru memberikan tugas mandiri tidak terstruktur Siapakah yang dianggap sebagai tokoh Reformasi? 3 5 30 4 3 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XI. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 1955121`61980032007 RPP (20) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XII/ II WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis perkembangan sejarah dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan perkembangan mutakhir II. Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis perkembangan sejarah dunia dan posisi Indonesia ditengah perubahan politik dan ekonomi internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya perang dingin. III. Indikator pencapaian : 3.1. Menghubungkan dekolonisasi di Asia dan Afrika dengan transformasi politik dan sosial di berbagai Negara 3.2. Menjelaskan hubungan perkembangan system ekonomi internasional dengan perubahan politik dan ekonomi Indonesia. VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.1. Menghubungkan dekolonisasi di Asia dan Afrika dengan transformasi politik dan sosial di berbagai Negara 4.2. Menjelaskan hubungan perkembangan system ekonomi internasional dengan perubahan politik dan ekonomi Indonesia. V. Materi Ajar 5.1. Dekolonisasi di Asia dan Afrika dengan transformasi politik dan sosial di berbagai Negara 5.2. Perkembangan system ekonomi internasional dengan perubahan politik dan ekonomi Indonesia. VI. Metode : ceramah, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 12. 1. Motivasi belajar : Memberi nasehat dengan menjelaskan lahirnya Indonesia sebagai kekuatan Baru di Dunia 13. 2. Apersepsi : Membuka pelajaran dengan menjelaskan bangsa di Asia-Afrika yang terjajah Kegiatan inti Eksplorasi 3. Guru memberikan materi esensial secara singkat Elaborasi 4. Mendiskusikan dekolonisasi yang terjadi di Asia dan Afrka 5. Mendiskusikan system ekonomi yang berkembang dalam dunia Internasional Kegiatan akhir 6. Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 3 5 30 4 3 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XII. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 1955121`61980032007 RPP (21) SEKOLAH : SMA NEGERI 3 MAKASSAR MATA PELAJARAN : SEJARAH KELAS/SEMESTER : XII/ II WAKTU : 3 X 45 MENIT I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis perkembangan sejarah dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan perkembangan mutakhir II. Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis perkembangan sejarah dunia dan posisi Indonesia ditengah perubahan politik dan ekonomi internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya perang dingin. III. Indikator pencapaian : 3.1. Mengidentifikasi factor-faktor penyebab terjadinya perang dingin 3.2. Menghubungkan pemerintah komunis di China dengan perluasan Perang Dingin di kawasan Asia Tenggara 3.3. Menghubungkan pemerintah komunis di Perang Korea dengan perluasan Perang Dingin ke luar Eropa. VI. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk 4.1. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya perang dingin 4.2. Menghubungkan pemerintah komunis di China dengan perluasan Perang Dingin di kawasan Asia Tenggara 4.3. Menghubungkan pemerintah komunis di Perang Korea dengan perluasan Perang Dingin ke luar Eropa. V. Materi Ajar 5.1. Faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dingin 5.2. Hubungan pemerintah komunis di China, Perang Korea, dan revolusi Kuba dengan perluasan Perang Dingin ke luar Eropa. VI. Metode : ceramah, pemberian tugas dan Tanya jawab VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran NO Langkah kegiatan pembelajaran A.Waktu Pendahuluan 14. 1. Motivasi belajar : Memberi nasehat dengan menjelaskan kerugian yang diakibatkan oleh adanya perang. 15. 2. Apersepsi : Membuka pelajaran dengan menjelaskan lahirnya dua ideology besar dunia yakni liberal dan komunis Kegiatan inti Eksplorasi 3. Guru memberikan materi esensial secara singkat Elaborasi 4. Mendiskusikan perbedaan dua ideologi besar dunia 5. Mendiskusikan beberapa Negara di kawasan Asia yang menganut ideologi komunis. Kegiatan akhir 6. Meminta pendapat siswa mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung 3 5 30 4 3 VIII. Sumber / bahan dan alat 8.1. Sumber 8.1.1. Habib Mustapa, 2007. Sejarah SMA Kelas XII. Yudhistira. Jakarta. 8.2. Bahan dan alat: 8.2.1.. Komputer, Laptop, dan LCD IX. Penilaian tindak lanjut. 9.1. Penilaian emosional (EQ) 9.2. Penilaian kecerdasan spiritual (SQ) Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 1955121`61980032007 Makassar, 2011 Mengetahui : Kepala Satuan Pendidikan, SMA Negeri 3 Makassar Guru Mata Pelajaran Drs. Iswan Abdul Latif. Dra. Salmah Abdullah Nip. 196010181986031011 Nip. 1955121`61980032007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bumi

AKU DAN MASAKU

Ahmad Munawir Saleh

Menu

Gallery Slider(Do Not Edit Here!)

Search

Copyright Text

 

Sample text

Sample Text

Sample Text