Social Icons

Senin, 12 November 2012

RPP matematika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD INPRES MINASA UPA BLOK D6 Mata Pelajaran : Matematika Kelas / Semester : VI / I Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit Standar Kompetensi Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran dan volume persegi tiga Kompetensi Dasar Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana Indikator KOGNITIF Produk Menghitung luas persegi panjang Menghitung luas jajar genjang Menghitung luas trapesium Menghitung luas belah ketupat Proses Menurunkan rumus segi banyak sederhana AFEKTIF Karakter Jujur : Siswa jujur dalam mengerjakan tugas Tanggung jawab : Siswa bertanggung jawab mengerjakan tugas Sosial Menyelesaikan tugas secara kerjasama dengan teman-teman Mendengarkan tugas/bacaan yang di bacakan siswa PSIKOMOTORIK Siswa dapat menunjukkan jenis – jenis segi banyak serta menurunkan rumusnya. Tujuan Pembelajaran KOGNITIF Melalui model pembelajaran STAD setelah pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat : Produk Menghitung luas persegi panjang Menghitung luas jajar genjang Menghitung luas trapezium Menghitung luas belah ketupat Proses Menurunkan rumus segi banyak sederhana AFEKTIF Karakter Siswa dapat jujur dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran Sosial Siswa dapat bekerjasama dan mendengarkan teman-teman yang membaca di depan kelas PSIKOMOTORIK Siswa dapat menunjukkan jenis – jenis segi banyak serta menurunkan rumusnya. Materi Pembelajaran Luas segi banyak sederhana Model dan Metode Pembelajaran Model : Kooperatif tipe STAD Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab. Sumber dan Media Pembelajaran Sumber : Buku paket Pandai berhitung Matematika untuk SD Kelas VI Media : Gambar dan papan tulis Langkah-langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Mengajak siswa untuk : Berdoa Mengisi daftar hadir Guru mereview materi pertemuan sebelumnya Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan Inti Guru menyajikan pelajaran Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll) Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu Memberi evaluasi Kesimpulan Kegiatan Akhir Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran Guru memberikan remedial dan PR Guru memberikan pesan-pesan moral Guru menutup pelajaran Evaluasi Teknik Penilaian Tertulis Instrumen Penilaian Gambar Panjang (p) Lebar (l) Luas (L) 12 cm 18 cm 22 cm 7 cm 9 cm 11 cm ...... cm2 ...... cm2 ...... cm2 Gambar Alas (a) Tinggi (t) Luas (L) A 13 cm 14 cm 24 cm 7 cm 11 cm 12 cm ...... cm2 ...... cm2 ...... cm2 Gambar A b T L b a 12 cm 18 cm 24 cm 9 cm 12 cm 18 cm 10 cm 14 cm 15 cm ...... cm2 ...... cm2 ...... cm2 Gambar Diagonal (d1) Diagonal (d¬2) Luas (L) d1 d1 10 cm 18 cm 28 cm 15 cm 13 cm 25 cm ...... cm2 ...... cm2 ...... cm2 Gambar Diagonal (d1) Diagonal (d¬2) Luas (L) d2 d1 15 cm 22 cm 27 cm 8 cm 18 cm 20 cm ...... cm2 ...... cm2 ...... cm2 Pedoman penskoran Kriteria Skor Menulis hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa yang runtut, baik dan benar 90-100 Menulis hasil pengamatan/kunjungan dengan runtut 80 Menulis hasil pengamatan dengan baik dan benar 70 Hanya menulis karangan 60 Makassar, Kamis 18 Oktober 2012 Mengetahui, Guru Kelas VI Mahasiswa Hj. Nurliah Ningsih S.Pd. Supriyanto Sabri NIP. 1962 0930 198203 2 007 NIM. 094704021 Menyetujui, Dosen Pembimbing Drs. Lutfi B, M.Kes NIP. 1958 1231 198403 1 013 Persegi Panjang Persegi panjang adalah segi empat yang sisi-sisi berhadapannya sejajar dan sama panjang serta keempat sudutnya siku-siku. Adapun daerah persegi panjang adalah daerah yang dibatasi oleh persegi panjang. Luas persegi panjang = Panjang x Lebar Jajaran genjang Jajargenjang adalah segi empat yang sisi-sisi berhadapannya sejajar dan sama panjang serta sudut-sudut yang berhadapan sama besar. Perhatikan gambar di atas, sebelah kiri pindah sebelah kanan, sehingga luas jajaran genjang = luas persegi panjang Luas jajaran genjang = alas x tinggi Trapesium Trapesium adalah segi empat yang hanya mempunyai sepasang sisi sejajar Dari gambar di atas telihat bahwa di sebelah kiri dipindahkan ke sebelah kanan, maka luas trapesium = luas persegi panjang Luas trapesium = 1/2 ( a + b ) x t Belah ketupat Belah ketupat adalah jajargenjang yang sisi-sisinya sama panjang. Daerah belah ketupat juga mempunyai luas. Setelah bagian atas diarsir sebelah kiri dipindahkan ke sebelah kanan, terliaht bahwa Luas belah ketupat = 1/2 luas pesrsegi panjang = 1/2 p x l = (BD x AC)/2 Jadi luas belah ketupat = (diagonal 1 x diagonal 2)/2 Layang – layang Layang-layang adalah segi empat yang mempunyai dua pasang sisi sama panjang dan kedua diagonalnya saling berpotongan tegak lurus. Luas layang – layang juga dapat dicari dengan menggunakan pendekatan luas persegi panjang. Luas layang – layang = = 1/2 luas persegi panjang = 1/2 p x l = (BD x AC)/2 Jadi luas layang – layang = (diagonal 1 x diagonal 2)/2 LEMBAR KERJA SISWA 17 cm 16 cm 4 cm 25 cm 25 cm 18 cm 15 cm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bumi

AKU DAN MASAKU

Ahmad Munawir Saleh

Menu

Gallery Slider(Do Not Edit Here!)

Search

Copyright Text

 

Sample text

Sample Text

Sample Text