Selasa, 13 November 2012
Laporan KKN PBA
BAB I
PENDAHULUAN
A. DASAR PELAKSANAAN KKN
1. Undang-undang Dasar 1945
Pembukaan UUD 1945 Alinea keempat menyatakan “untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia”. Dari pernyataan diatas sudah tergambar jelas bahwa pemerintah berkewajiban memajukan kejahteraan rakyat serta mencerdaskan seluruh warga negara indonesia. Dari dasar inilah pemerintah wajib meenyediakan fasilitas pendidikan bagi warga negara Indonesia baik itu yang formal maupun yang non-formal. Selain itu pendidikan nasional juga diatur dalam pasal 31 Ayat (1), UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003, yang memuat seluruh sistem pengajaran nasional serta jalur-jalur yang dapat ditempuh untuk menuju ke tujuan utama berdasarkan UUD 1945.
2. Tujuan pendidikan nasional
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 berbunyi: “Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan betakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Mahasiswa KKN diharapkan setelah sampai di lokasi mampu mengubah pola pikir masyarakat desa yang mungkin masih statis sehingga menjadi dinamis. Kegiatan KKN diharapkan dapat menjadi bakti mahasiswa kepada masyarakat dan merupakan jalan bagi program nasional. Mahasiswa sebagai masyarakat ilmiah menjadi salah satu harapan bagi pelaksanaannya, sehingga setiap institusi senantiasa melakukan pengabdian di masyarakat untuk mendapatkan bahan masukan agar dapat dijadikan acuan dalam pengembangan displin ilmu disetiap institusi. Salah satu bentuk dari poengabdian kepada masyarakat adalah pelaksanaan KKN PBA oleh para mahasiswa.
3. Tri dharma perguruan tinggi
Mahasiswa adalah salah satu unsur generasi muda yang paling potensial di lingkup masyarakat. Berakar dari hal inilah mahasiswa sebagai indikator utama dalam melaksanakan pembangunan utamanya dalam pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat luas. Dalam hal pengabdian kepada masyarkat mahasiswa harus mampu untuk mengaplikasikan apa yang telah didapatkan di lingkup insitusi pendidikan kepada seluruh masyrakat yang berada di sekelilingnya. Dari komponen dan kemampuan inilah maka mahasiswa mengemban tugas untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Program pengabdian kepada masyarakat merupakan saham dari para mahasiswa kepada pembangunan bangsa ini. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan perwujudan dari Ilmu Pengertahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS), dengan metode ilmiah yang langsung kepada masyarakat.
B. TUJUAN KKN PBA
Adapun tujuan penyelenggaraan KKN PBA secara rinci adalah
1. Tujuan Umum :
Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian Masyarakat.
a) Mengenalkan aksara kepada masyarakat agar yang bersangkutan dapat membaca, menulis, dan berhitung.
b) Sebagai proses pendewasaan mahasiswa dalam berfikir, bersikap, secara realistis dan akademis yang di landasi dengan semangat dan komitmen yang tinggi untuk memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat.
c) Sebagai proses pembelajaran kepada mahasiswa dalam mengimplementasi seperangkat teori yang telah diterima di bangku kuliah kepada masyarakat secara langsung.
d) Sebagai proses pendidikan bagi mahasiswa agar berjiwa penuh pengabdian dalam mengawal pembangunan serta memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap masa depan bangsa dan negara.
e) Membentuk sarjana yang berilmu, cakap, berbudi pekerti luhur, serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi atas kesejahteraan masyarakat maupun masa depan bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45.
f) Membentuk sarjana penerus pembangunan yang mampu menghayati berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dan mampu mengembangkan pemikiran maupun penalaran untuk belajar memecahkan permasalahan yang kompleks secara pragmatis dan interdisipliner.
g) Mendekatakan Perguruan Tinggi dengan masyarakat untuk menyesuaikan tuntutan pembangunan dan dinamika masyarakat.
2. Tujuan Khusus :
a) Melaksanakan program percepatan penuntasan buta aksara di Sulawesi Selatan .
b) Membantu pemerintah dalam upaya mewujudkan Sulawesi Selatan khususnya Desa Inrello Kecamatan Keera Kabupaten Wajo bebas buta aksara tahun 2012.
C. LATAR BELAKANG DESA
1. Peta Desa Inrello
2. Keadaan Geografis
a. Letak
Desa Inrello adalah salah satu desa yang terletak di bagian Selatan Kabupaten Wajo, yang jaraknya 40 KM dari Kota Sengkang dan berada dalam wilayah Kecamatan Keera.
Desa Inrello memiliki luas ± 60, 21 KM¬2 memiliki topografi dataran rendah, dengan persawahan yang luas dan terhampar hampir 70% dari keseluruhan wilayah desa Inrello.
- Sebelah barat berbatasan dengan Desa Gilireng
- Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Lalliseng
- Sebelah timur berbatasan dengan dengan Desa Lalliseng
- Sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Ballere/Keera.
b. Administrasi Desa
Secara administratif Desa Inrello terdiri dari dua wilayah dusun, yakni Dusun Inrello dan Dusun Watti, dan memiliki total jumlah penduduk sebanyak 9 ribu jiwa.
c. Iklim dan Musim
Desa Inrello memiliki iklim tropis dan dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.
d. Hidrologi dan Tata Air
Warga Desa Inrello memanfaatkan air hujan sebagai tulang punggung untuk pengolahan sawah dan kegiatan pertanian lainnya. Air bersih untuk kebutuhan sehari-hari diperoleh dari sumur bor yang hampir semua rumah memilikinya.
3. Perekonomian Masyarakat Desa
Secara garis besar, mata pencaharian warga Desa Inrello meliputi bidang pertanian dan perkebunan, selain itu pekerjaan warga Desa Inrello lainnya, yaitu pekerja tambak/empang, pelayanan jasa angkutan, pegawai, pedagang dan pembuat kerajinan.
4. Sektor Pertanian/Perkebunan
Sektor pertanian dan perkebunan warga Desa Inrello memiliki beberapa tanaman yang dibudidayakan, yakni padi, jagung, kacang-kacangngan, kakao, pisang, kelapa , kemiri, dan jambu mente.
5. Sektor Peternakan
Hewan yang menjadi ternak warga Desa Inrello, yakni sapi yang dimiliki oleh peternak, Kerbau yang dimiliki oleh beberapa keluarga di dusun Watti, ayam kampung hampir seluruh warga Desa Inrello memilikinya.
6. Sektor Perdagangan
Pada sektor perdagangan, Desa Inrello memiliki sebuah pasar kecil tepatnya di depan kantor desa Inrello, yang beroperasi setiap pagi hari, serta memiliki warung makan, dan warung-warung kecil milik para warga.
7. Sarana dan Prasarana Desa
a. Sarana Jalan
Desa Inrello dilalui jalan raya yang merupakan jalan poros provinsi yang menghubungkan Makassar-Palopo dengan panjang 3 km dengan kondisi jalan yang sedikit berlubang, selain jalan tersebut terdapat jalan dengan kondisi semi permanen tepatnya jalanan masuk ke DusunWatti.
b. Sarana Angkutan
Sarana angkutan umum yang merupakan alat transportasi warga Desa Inrello, yaitu mobil mikrolet/angkutan umum dan bemor yang merupakan kendaraan perpaduan antara becak dengan motor.
c. Sarana Kesehatan
Pada sarana kesehatan, Desa Inrello hanya memiliki Poliklinik Desa (POLINDES).
d. Sarana Pendidikan
Sarana pendidikan warga Desa Inrello terdapat beberapa tingkatan yakni:
- Taman kanak-kanak (TK) PGRI Longka yang berada di Dusun Inrello tepatnya dekat mesjid Nurul Hilal Longka
- Sekolah Dasar (SD) 234 Inrello berada di Dusun Inrello, SD 400 Benau berada di Dusun Watti.
- Madrasah Tsanawiyah (MTs) As’Adiyah No. 22 Longka
- Madrasah Aliyah (MA) As’Adiyah Longka
e. Sarana Ibadah
Ditinjau dari segi agama, mayoritas penduduk desa ini beragama Islam. Kesadaran beribadah masyarakat di desa Inrello semuanya sama, di tambah lagi dengan sarana ibadah yang bisa dikatakan baik dan mudah untuk ditempuh melalui berjalan kaki. Adapun sarana ibadah di Desa Inrello ada dua, yakni Mesjid Nurul Hilal yang berada di dusun Inrello dan Mesjid Longka.
f. Kondisi perumahan dan pemukiman penduduk
Kondisi pemukiman desa Inrello memiliki dua wilayah, yakni Dusun Inrello dan Dusun Watti, hampir semua penduduk memiliki rumah panggung dengan corak dan bentuk yang hampir semua sama, dan semuanya memiliki halaman yang lumayan luas. Akan tetapi, penataan pemukiman masih kurang, karena masih banyak warga yang tidak memiliki pagar, dan sebagian lainnya sudah tertata terutama yang berada di pinggir jalan poros/raya.
BAB II
PEMBAHASAN
A. DESKRIPSI WARGA BELAJAR
1. Jumlah
Jumlah warga belajar untuk mahasiswa KKN PBA UNM di Desa Inrello berjumlah 50 orang. Setiap mahasiswa atau tutor menangani 5 orang waraga belajar.
Berikut ini tabel tentang jumlah warga belajar di desa Inrello.
No Nama Jenis Kelamin Umur Pekerjaan Ket.
1 A. Nadira P 21 tahun IRT
2 Baleng Juni P 69 tahun IRT
3 Hermawatih P 25 tahun IRT
4 Indo Tahang P 60 tahun IRT
5 Melleng P 73 tahun IRT
6 Nurming P 24 tahun IRT
7 Rawasiah P 49 tahun IRT
8 Saheri P 40 tahun IRT
9 Sioja P 60 tahun IRT
10 Tahang P 45 tahun IRT
11 Ambo alang L 26 tahun Petani
12 Cora P 57 tahun IRT
13 Hj. Swara P 65 tahun IRT
14 Jare P 56 tahun IRT
15 Mujiati P 28 tahun IRT
16 Baleng P 45 tahun IRT
17 Renteh L 71 tahun Petani
18 Sampu P 72 tahun IRT
19 Siti Hawang P 45 tahun IRT
20 Tanni P 50 tahun IRT
21 Ani P 23 tahun IRT
22 Damis L 45 tahun Petani
23 Husni P 28 tahun IRT
24 Made L 65 tahun Petani
25 Nangnga P 47 tahun IRT
26 Oji P 21 tahun IRT
27 Rosnah P 43 tahun IRT
28 Syamsiar P 41 tahun IRT
29 Swarni P 25 tahun IRT
30 Tase’ P 50 tahun IRT
31 Badi P 54 tahun IRT
32 Darmawati P 19 tahun IRT
33 Ida P 48 tahun IRT
34 Marilau L 57 tahun IRT
35 Nurlina P 29 tahun IRT
36 Odding L 37 tahun Petani
37 Saheri P 50 tahun IRT
38 Sengnga P 51 tahun IRT
39 Suriana P 20 tahun IRT
40 Wettoeng P 37 tahun IRT
41 Baleng P 38 tahun IRT
42 Harianto L 25 tahun Petani
43 Indo asse P 35 tahun IRT
44 Marniwi P 37 tahun IRT
45 Nurina P 24 tahun IRT
46 Puang semma L 70 tahun Petani
47 Nurung P 37 tahun IRT
48 Sinimbre P 39 Tahun IRT
49 Swarni P 40 tahun IRT
50 Yalle P 38 Tahun IRT
2. Keadaaan
Situasi di desa Inrello secara umum sangat kondusif. Utamanya bagi warga belajar, sangat antusias saat proses pembelajaran berlangsung. Meskipun biasanya ada beberapa warga yang sibuk dengan kegiatan sehari-harinya. Namun hal itu dapat diatasi dengan baik, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik, dan kegiatan masyarakat sehari-hari juga tidak terganggu.
Untuk waktu mengajar, merupakan kesepakatan antra tutor dan warga belajar. Sehingga, kegiatan belajar-mengajar dapat disusun sedemikian rupa dan dapat diatur dan disesuaikan dengan kegiatan masyarakat.
3. Tingkat penghasilan
Secara umum tingkat penghasilan untuk waraga belajar di desa Inrello cukup merata. Pekerjaan mereka rata-rata sebagai petani dan ibu rumah tangga. Mereka mengandalkan penghasilan dari sawah seperti padi, jagung, cokelat, mente dan tanaman pertanian lainnya.
4. Tingkat perekonomian
Untuk tingkat perekonomian, hampir semua warga belajar di desa Inrello boleh dikatakan tingkat perekonomiannya berada di garis rata-rata dan selebihnya telah berada di atas garis kemiskinan.
5. Umur
Usia dari warga belajar di desa Inrello kebanyakan merupakan orang tua yang sudah lansia, namun ada juga beberapa orang yang masih tergolong ibu-ibu dan sebagian lagi merupakan anak yang masih berusia muda. Usia para warga belajar antara 21-70 tahun.
B. PENYELENGGARAAN PROSES PEMBELAJARAN
1. Sasaran dan metode
Pelaksanaan KKN PBA terfokus kepada pengajaran bagi warga belajar yang berumur 19-75 tahun. Para warga belajar ini sangat bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaran. Kegiatan belajar yang dilaksanakan tidak teerpusat pada satu temapt, namun dilakukan di rumah-rumah warga setempat yang bersedia. Metode pembelajaran yang dilakukan tidak monoton alias selalu berubah-ubah disesuaikan dengan keadaan dan kondisi warga belajar. Begitu pula dengan waktu mengajar yang fleksibel.
Selain itu, saat mengajar mahasiswa selaku tutor selalu berusaha untuk membangkitkan semangat dan memberi motivasi kepada para warga. Sehingga, pada akhirnya tuotr dapat beradaptasi dengan keadaan para warga belajar.
2. Materi pembelajaran
Adapun materi pembelajaran yang diberikan adalah:
a) Menulis dan mengenal huruf alfabet.
b) Menulis dan mengenal bialngan.
c) Membaca dan menulis suku kata, kata serta kalimat
d) Pengoperasian bilangan berupa penjumlahan, pengurangan, dan pengurutan bilangan.
e) Menulis mengunakan pensil yang telah disediakan.
Materi-materi ini merupakan materi yang diajarkan pada kelas rendah sekolah dasar (SD) yaitu pelajaran Kelas I, II, dan III. Selain itu juga disesuaikan dengan konsep pada kehidupan sehari-hari sambil disesuaikan dengan bhasa sehari-hari.
3. Waktu dan tempat serta perlengkapan pengajaran
a) Waktu
Adapun waktu pengajaran yang dilakukan adalah 3-4 hari dalam satu minggu. Waktu mengajar ini disesuaikan dengan aktivitas warga setempat, seperti bekerja di sawah dan di kebun. Waktu mengajar ini adalah kesepakatan bersama dari para warga belajar. Setiap kali pertemuan waktu yang diguankan adalah 2-4 jam atau sekitar 120-240 menit. Waktu inipun tidak terpatok pada jam tertentu, tetapi tergantung dari kesempatan warga belajar.
b) Tempat
Adapun temaptmengajar dialksanakan di beberapa rumah warga yang telah disepakati sebelumnya antara tutor dan warga belajar. Rumah yang digunakan adalah rumah warga yang terletah paling dekat dengan semua rumah warga belajar pada setiap kelompok belajar. Jadi, jika jam pelajarn tiba maka semua warga belajar dan tuotr dari mahasiswa akan berkumpul di rumah-rumah warga sesuai dengan jadwal masing-masing.
c) Perlengkapan
Perlengkapan dan peralatan selama mengajar diantanya adalah:
1) Papan tulis
2) Penghapus papan tulis
3) Spidol
4) Pulpen/pena
5) Pensil
6) Buku ajar/buku catatan
7) Buku kerja para warga
C. JUMLAH KELOMPOK BELAJAR
Adapun jumlah kelompok belajar KKN PBA UNM yang ada di desa Inrello adalah 5 kelompok belajar. Artinya, mahasiswa KKn menggunakan 5 buah rumah warga sebagi tempat untuk mengajar. Setiap satu kelompok mengajar terdiri dari 2 orang tutor mahasiswa. Semua kelompok belajar terletak di dusun Inrello. Meskipun terletak di satu dusun tetapi letak antara satu kelompok dengan kelompokm lainnya agak berjauhan.
BAB II
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEMBERANTASAN BUTA AKSARA
A. IDENTITAS KELOMPOK
Nama kelompok : I
Desa : Inrello
Kecamatan : Keera
Kabupaten : Wajo
Tutor : 1. Ahmad Munawir Saleh
2. Rezki Pratiwi
Warga belajar :
No. Nama Umur pekerjaan
1 A. Nadira tahun
2 Yalle tahun
3 Saheri tahun
4 Oji tahun
5 Mujiati tahun
6 Husni tahun
7 Darnawati tahun
8 Baleng tahun
9 Tanni tahun
10 Harianto tahun
Nama kelompok : II
Desa : Inrello
Kecamatan : Keera
Kabupaten : Wajo
Tutor : 1. Sri Ekawati
2. Rosita Fitriany S.
Warga belajar :
No. Nama Umur Pekerjaan
1 Nurung tahun IRT
2 Baleng Juni tahun IRT
3 Wettoeing tahun IRT
4 Rosnah tahun IRT
5 Samsiar tahun IRT
6 Saheri tahun IRT
7 Nurming tahun IRT
8 Baleng tahun IRT
9 Sampu tahun IRT
10 Tanni tahun IRT
Nama kelompok : III
Desa : Inrello
Kecamatan : Keera
Kabupaten : Wajo
Tutor : 1. Firmansyah
2. Nurbaya
Warga belajar :
No. Nama Umur Pekerjaan
1 Badi tahun IRT
2 Tahang tahun IRT
3 Cora tahun IRT
4 Melleng tahun IRT
5 St. Ida tahun IRT
6 Made tahun PETANI
7 Sitti hawang tahun IRT
8 Marniwi tahun IRT
9 Marilau tahun PETANI
10 Simimbre tahun IRT
Nama kelompok : IV
Desa : Inrello
Kecamatan : Keera
Kabupaten : Wajo
Tutor : 1. Jumasni
2. Nurul Fadhialah Yaumil
Warga belajar :
No. Nama Umur Pekerjaan
1 Suarni tahun IRT
2 Sioja tahun IRT
3 Hj. Swara tahun IRT
4 Sengnga tahun IRT
5 Indo Asse tahun IRT
6 Odding tahun PETANI
7 Damis tahun PETANI
8 Renteh tahun PETANI
9 Nuriana tahun IRT
10 Ani tahun IRT
Nama kelompok : V
Desa : Inrello
Kecamatan : Keera
Kabupaten : Wajo
Tutor : 1. Wahyuni
2. Nana Munawwarah Syam
Warga belajar :
No. Nama Umur Pekerjaan
1 Puang Semma tahun IRT
2 Tase tahun IRT
3 Rawasiah tahun IRT
4 Indo Tahang tahun IRT
5 Ambo Alang tahun IRT
6 Nangnga tahun IRT
7 Nurlina tahun IRT
8 Suwarni tahun IRT
9 Hermawatih tahun IRT
10 Jare tahun IRT
B. PRESENTASE PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN GAMBARAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN WARGA BELAJAR.
1. Kemampuan awal
Membaca : 25%
Menulis : 37%
Berhitung : 25%
2. Kemampuan Pertengahan
Membaca : 70 %
Menulis : 75 %
Berhitung :80 %
3. Kemampuan Akhir
Membaca : 80 %
Menulis : 80 %
Berhitung : 85 %
Dari gambaran persentase diatas jelas terlihat bahwa pembelajaran yang dilakukan terus meningkat. Kemampuan menulis, membaca, dan menghitung secara umum mengalami peningkatan yang signifikan. Jika melihat secara jelas, bahwa warga belajar cenderung terfokus pada dua kemampuan yaitu kemampuan menulis dan berhitung. Meskipun demikan kemapuan membaca yang terus diasah akhirnya secara rata-rata tiga kemampuan ini hampir sama persentase keterlaksanaannya padawarga belajar.
Berikut adalah gambaran umum setiap warga belajar, terhadap tyiga kemapuan dan terdiri dari tiga tingkatan.
a) Tingkat awal
No Nama Gambaran kemapuan
1 A. Nadira Belum lancar menulis, membaca, dan hafal angka-angka.
2 Baleng Juni Belum bisa menulis, belum mengenal huruf dan belum bisa membaca.
3 Hermawatih Belum lancar membaca, lancar menulis dan berhitung.
4 Indo Tahang Tahu huruf, agak lancar membaca, dan hafal angka-angka,serta mampu mengoperasikannya.
5 Melleng Tahu huruf, bisa membaca suku kata, dan lancar berhitung.
6 Nurming Belum terlalu lancar menulis dan membaca, hafal angka-angka.
7 Rawasiah Tidak tahu huruf, tidak tahu menulis, membaca, hafal dan tahu angka-angka.
8 Saheri Belum lancar menulis, membaca, dan hafal serta paham angka-angka.
9 Sioja Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung.
10 Tahang Tidak tahu huruf, angka, menulis, membaca dan menghitung.
11 Ambo alang Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
12 Cora Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung.
13 Hj. Swara Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung.
14 Jare Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung.
15 Mujiati Belum lancar menulis, membaca, tapi hafal angka-angka.
16 Baleng Belum lancar menulis, membaca, dan menghitung.
17 Renteh Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
18 Sampu Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung
19 Siti Hawang Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
20 Tanni Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
21 Ani Belum lancar menulis, membaca dan hafal angka-angka.
22 Damis Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
23 Husni Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
24 Made Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan hafal angka-angka.
25 Nangnga Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung.
26 Oji Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
27 Rosnah Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
28 Syamsiar Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
29 Swarni Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
30 Tase’ Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
31 Badi Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung
32 Darmawati Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
33 Ida Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung
34 Marilau Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung
35 Nurlina Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
36 Odding Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
37 Saheri Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
38 Sengnga Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung
39 Suriana Belum lancar menulis, membaca dan lancar berhitung.
40 Wettoeng Belum lancar menulis, membaca dan agak lancar berhitung.
41 Baleng Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung.
42 Harianto Agak lancar menulis, belum lancar membaca dan hafal angka-angka.
43 Indo asse Belum lancar menulis/masih kaku, membaca dan berhitung.
44 Marniwi Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung.
45 Nurina Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
46 Puang Semma Tidak tahu huruf, menulis, membaca dan berhitung
47 Nurung Belum lancar menulis, membaca dan pintar berhitung.
48 Sinimbre Belum lancar menulis, membaca dan agak pintar menghitung.
49 Swarni Belum lancar menulis, membaca dan berhitung.
50 Yalle Belum lancar menulis, membaca dan lancar berhitung dan hafal angka-angka.
2) Tingkat menengah
No Nama Gambaran kemapuan
1 A. Nadira Mampu menyebut huruf dengan lancar, membaca dengan baik, dan sudah mampu mengoperasikan angka-angka sedrhana misanya penjumlahan dan pengurangan.
2 Baleng Juni Bisa menulis meskipun masih kaku, sudah kenal huruf, sudah bisa membaca beberapa suku kata. Mampu mengenal angka-angka 1-20.
3 Hermawatih Sudah agak lancar menulis, dan mengenal huruf, serta sudah hafal angka-angka 1-50, dan mampu mengopersiaknnya.
4 Indo Tahang Sudah tahu dan hafal huruf kecuali huruf X, E, Y, Q dan Z. Belum lancar membaca, hafal angka tapi belum bisa mengoperasikannya.
5 Melleng Mampu menyebut huruf-huruf kecuali X, dan Z, mampu membaca suku kata/kata sederhana dengan lancar, serta mampu menghitung dengan lancar.
6 Nurming Lancar menulis, mampu membaca kata sederhana, dan mampu menghitung angka yang sederhana.
7 Rawasiah Sudah tahu huruf kecuali X dan Z, agak lancar membaca suku kata, serta sudah mampu menghafal angka-angka.
8 Saheri Agak lancar membaca dan menulis, serta sudahpaham dengan angka-angka serta sudah bisa mengopersikannya, seperti penjumlahan yang sederhana.
9 Sioja Mampu menyebut huruf kecuali huruf E, X, Q dan Z. Sudah bisa menulis meskipun masih kaku, dan hafal angka tapi belum bisa mengoperasikannya.
10 Tahang Sudah tahu dan hafal huruf kecuali huruf X, E, Y, Q dan Z. Belum lancar membaca, hafal angka tapi belum bisa mengoperasikannya.
11 Ambo alang Sudah lancar menulis, dan hafal huruf. Sudah mampu membaca kata-kata sederhana, serta sudah hafal angka dan mampu megopersikanya.
12 Cora Sudah bisa menulis huruf, melafalkan huruf kecuali huruf E, Q, X, dan Z. Mampu membaca suku kata dan sudah menghafal angka 1-20.
13 Hj. Swara Sudah bisa menulis meskipun agak kaku, melafalkan huruf kecuali huruf E, Q, X, Y, dan Z. Sudah mengenal angka 1-20.
14 Jare Sudah bisa menulis, melafalkan huruf dengan baik kecuali huruf X dan Z. Mampu membaca suku kata, dan sudah menghafal angka 1-20.
15 Mujiati Sudah lancar menulis dan membaca suku kata. Mampu menghitung dan menghafal anka 1-50, serta mampu mengoperasikannya dengan sederhana.
16 Baleng Sudah mampu menulis, membaca suku kata, dan hafal angka 1-20.
17 Renteh Sudah bisa menghafal huruf dan menulis meskipun agak kaku, mampu mengenal angka-angka 1-50.
18 Sampu Sudah bisa menulis meskipun masih kaku, mampu mengenal huruf kecuali huruf E, F, M, N, Q, X dan Z. Tahu angka 1-20.
19 Siti Hawang Sudah agak lancar menulis, bisa membaca suku kata, dan bisa menghafal angka 1-20.
20 Tanni Sudah agak lancar menulis, bisa membaca suku kata, dan bisa menghafal angka 1-20.
21 Ani Sudah lancar menulis, membaca dan mengenal huruf, serta menghafal angka dan mampu mengoperasikannya dengan baik.
22 Damis Sudah bisa menulis, membaca suku kata, dan menghitung serta menghafal angka-angka.
23 Husni Sudah bisa menulis, membaca suku kata, dan menghitung serta menghafal angka-angka.
24 Made Sudah bisa menulis meskipun masih kaku, mampu mengenal huruf kecuali huruf, M, N, Q, X dan Z. Tahu angka 1-20, Belum bisa melakukan operasi angka.
25 Nangnga Sudah bisa menulis meskipun masih kaku, mampu mengenal huruf kecuali huruf E, J, M, N, Q, X , Y dan Z. Belum bisa melakukan operasi angka.
26 Oji Sudah bisa menulis, membaca suku kata, dan menghitung serta menghafal angka-angka.
27 Rosnah Sudah bisa menulis dengan baik, menhafal huruf, dan menghafal angka 1-50, serta sudah bisa menjumlahkan angka-angka.
28 Syamsiar Sudah bisa menulis, membaca suku kata, dan menghitung serta menghafal angka-angka.
29 Swarni Sudah bisa menulis, membaca suku kata, dan menghitung serta menghafal angka-angka.
30 Tase’ Sudah bisa menulis meskipun masih kaku, mampu mengenal huruf kecuali huruf E, L, M, N, Q, X , Y dan Z. Belum bisa melakukan operasi angka.
31 Badi Sudah bisa menulis meskipun masih kaku, mampu mengenal huruf kecuali huruf E, N, Q, X , Y dan Z. Tahu angka 1-20, belum bisa melakukan operasi angka.
32 Darmawati Sudah bisa menulis, membaca suku kata/kata dengan lancar, dan menghitung serta menghafal angka-angka.
33 Ida Sudah bisa menulis meskipun masih kaku, mampu mengenal huruf. Sudah hafal angka bisa menjumlahkan angka-angka.
34 Marilau Sudah bisa menulis meskipun masih kaku, mampu mengenal huruf kecuali huruf X, Q, dan Z. Sudah tahu angka tapi belum bisa melakukan operasi angka.
35 Nurlina Sudah bisa menulis meskipun masih kaku, mampu mengenal huruf. Sudah hafal angka bisa menjumlahkan angka-angka.
36 Odding Sudah bisa menulis meskipun masih kaku, mampu mengenal huruf. Sudah hafal angka bisa menjumlahkan angka-angka.
37 Saheri Sudah bisa menulis meskipun masih kaku, mampu mengenal huruf. Sudah hafal angka bisa menjumlahkan angka-angka.
38 Sengnga Sudah bisa menulis meskipun agak kaku, mampu melafalkan huruf kecuali huruf Q, X, Y, dan Z. Sudah mengenal angka 1-20.
39 Suriana Sudah bisa menulis meskipun agak kaku, melafalkan huruf kecuali huruf M, N, Y dan Z. Sudah mengenal angka 1-20.
40 Wettoeng Sudah bisa menulis meskipun agak kaku, melafalkan huruf kecuali huruf, E, M, N, Y, dan Z. Sudah mengenal angka 1-20.
41 Baleng Sudah mampu menulis, membaca suku kata, dan hafal angka 1-20.
42 Harianto Sudah mampu menulis dengan lancar, membaca suku kata/kata, dan hafal angka-angka serta mampu untuk mengoperasikan perhitungannya.
43 Indo asse Sudah mampu menulis, membaca suku kata, dan hafal angka 1-20.
44 Marniwi Sudah mampu menulis, membaca suku kata, dan hafal angka 1-20.
45 Nurina Sudah mampu menulis, agak lancar membaca, dan sudah bisa menghitung.
46 Puang Semma Sudah bisa menulis meskipun kaku, belum lancar membaca, mampu mengenal angka-angka.
47 Nurung Sudah bisa menulis, membaca suku kata, serta mampu menghitung dan mengoperasikan angka-angka.
48 Sinimbre Sudah bisa menulis, membaca suku kata, serta mampu menghitung dan mengoperasikan angka-angka.
49 Swarni Sudah bisa menulis, membaca suku kata, serta mampu menghitung dan mengoperasikan angka-angka.
50 Yalle Sudah bisa menulis, membaca suku kata, serta mampu menghitung dan mengoperasikan angka-angka.
3) Tingkat akhir
No Nama Gambaran kemampuan
1 A. Nadira Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
2 Baleng Juni Tahu huruf A-Z, lancar menulis, bisa membaca kata/kalimat sederhana, lancar menghitung.
3 Hermawatih Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
4 Indo Tahang Sudah tahu huruf, lancar membaca kata, dan sudah bisa melakukan penjumlahan dan pengurangan.
5 Melleng Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
6 Nurming Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
7 Rawasiah Sudah hafal huruf A-Z, lancar membaca suku kata/kata, mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan.
8 Saheri Lancar menulis, membaca dan berhitung.
9 Sioja Menulis masih agak kaku, mampu membaca suku kata, hafl angka-angka 1-100.
10 Tahang Sudah hafal huruf A-Z, lancar membaca kata, sudah mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan.
11 Ambo alang Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
12 Cora Menulis masih agak kaku, mampu membaca suku kata, hafl angka-angka 1-100.
13 Hj. Swara Menulis masih agak kaku, mampu membaca suku kata, hafl angka-angka 1-100.
14 Jare Menulis masih agak kaku, mampu membaca suku kata, hafal angka-angka 1-100.
15 Mujiati Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
16 Baleng Lancar menulis, lancar membaca suku kata/kata, sudah bisa melakukan penjumlahan dan pengurangan.
17 Renteh Menulis masih agak kaku, sudah bisa membaca suku kata/kata, sudah mampu untuk menjumlahkan dan mengurang.
18 Sampu Menulis masih agak kaku, mampu membaca suku kata, hafal angka-angka 1-100.
19 Siti Hawang Sudah lancar menulis, bisa membaca, dan hafal angka 1-100, serta bisamenjumlah dan mengurang.
20 Tanni Lancar menulis, lancar membaca kata/suku kata, mapu menjumlah dan mengurang angka-angka.
21 Ani Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
22 Damis Lancar menulis, membaca kata dan kalimat sederhana, serta mampu menjumlah dan mengurang.
23 Husni Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
24 Made Agak kaku menulis, bisa membaca suku kata, hafal angka 1-100, sudah bisa menjumlah.
25 Nangnga Agak kaku menulis, bisa membaca suku kata, hafal angka 1-100, sudah bisa menjumlah.
26 Oji Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
27 Rosnah Lancar menulis, membaca kata dan kalimat sederhana, hafal angka 1-100, lancar melakukan perhitungan.
28 Syamsiar Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
29 Swarni Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
30 Tase’ Sudah hafal huruf A-Z, sudah bisa menulis, sudah hafal angka dan bisa menjumlah dan mengurang.
31 Badi Sudah hafal huruf A-Z, bisa membaca suku kata/kata, serta sudah bisa menjumlahkan angka-angka.
32 Darmawati Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
33 Ida Sudah hafal huruf A-Z, bisa membaca suku kata/kata dan kalimat sederhana, serta sudah bisa melakukan operasi angka-angka.
34 Marilau Agak lancar menulis, mampu membaca suku kata/kata, dan sudah bisa melakukan penjumlahan dan pengurangan.
35 Nurlina Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
36 Odding Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
37 Saheri Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
38 Sengnga Agak kaku menulis, hafal huruf A-Z, bisa membaca suku kata/kata, hafal angka 1-50, bisa menjumlah dan mengurang.
39 Suriana Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
40 Wettoeng Lancar menulis, sudah lancar membaca kata dan kalimat sederhana, serta mampu menghafal angka 1-100, dan lancar menjumlah dan mengurang.
41 Baleng Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
42 Harianto Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
43 Indo asse Lancar menulis, lancar membaca kata dan kalimat sederhana, mampu menjumlah dan mengurang.
44 Marniwi Lancar menulis, mampu membaca kata dan kalimat, hafal angka 1-100, lancar melakukan perhitungan.
45 Nurina Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
46 Puang semma Menulis masih agak kaku, sudah bisa membaca suku kata/kata, sudah mampu untuk menjumlahkan dan mengurang.
47 Nurung Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
48 Sinimbre Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
49 Swarni Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
50 Yalle Sudah lancar menulis, lancar membaca, dan lancar menghitung.
C. PENGUASAAN BAHASA INDONESIA.
Kemampuan awal berbahasa Indonesia bagi para warga belajar baebeda-beda. Ada yang paham dengan kata-kata bahasa Indonesia, ada juga yang kurang paham dengan kata-kata berbahasa Indonesia, dan ada yang mengerti bahasa Indonesia tetapi tidak bisa mengucapkannya. Warga belajar yang mampu dengan fasih berbahas Indonesia pada umumnya yang berusia masih tergolong muda, sednagkan yang tyergolong sudah tua hanya bisa memahami dan berbahasanyamsih tersendak-sendak.
Seiring dengan pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan bahasa Bugis dicampurkan dengan bahasa Indonesia, kemapuan warga belajar juga mengalami peningkatan. Kemampuan para warga belajar meningkat kareana dalam pembelajaran setiap kata berbahasa Indonesia disesuaikan dengan bahasa setempat. Kemudian diberikan pengertian dan pemahaman mengenai kesesuaian bahasa Bugis dan bahasa Indonesia.
Untuk kemampuan tingkat menengah dan akhir, hampir semua warga sudah paham dengan bahasa Indonesia. Sebagian yang lain, juga sudah paham namun masih tersendak-sendak dalam pengucapannya.
BAB IV
KENDALA DAN SOLUSI
A. KENDALA
Dalam melaksanan program KKN Pemberantasan Buta Aksara UNM Tahun 2012 ditemukan beberapa kendala sebagai berikut :
1. Rumah warga belajar letaknya yang saling berjauhan.
2. Sebagian besar warga merasa malu untuk ikut dalam proses Pembelajaran Buta Aksara.
3. Warga belajar merasa kurang percaya diri, sehingga tidak bersedia mengikuti proses Pembelajaran Buta Aksara.
4. Adanya kesibukan warga dalam melaksankan aktifitas kesehariannya yakni bertani dan berkebun sehingga sulit bagi warga untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar.
5. Kurangnya kesadaran warga tentang pentingnya pendidikan di era globalisasi ini.
B. SOLUSI
Dari kendala-kendala diatas ada beberapa solusi-solusi yang kami dapat, berdasarkan pengalaman di lapangan yakni :
1. Warga belajar dikumpulkan pada satu rumah yang terdekat dari beberapa rumah warga belajar.
2. Dengan bantuan aparat desa, warga dapat diajak untuk diajar.
3. Agar tidak menganggu aktivitas warga, maka waktu belajar disesuaikan dengan aktivitas dan merupakan kesepakatan bersama tuotor dan warga belajar.
4. Memberikan bimbingan akan pentingnya belajar dan pendidikan.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
A. LAMPIRAN I
Daftar Tutor Mahasiswa.
1. Nama : Ahmad Munawir Saleh
Nim : 094704013
TTL : Sinjai, 21 September 1991
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Jurusan : PGSD
Asal : Sinjai
Motto : Hidup adalah sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan membutuhkan perjuangan. Perjuangan penuh dengan pengorbanan. Dan akhir dari semua itu adalah kesuksesan.
2. Nama : Wahyuni
Nim : 094704411
TTL : Soppeng, 13 Juli 1990
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Jurusan : PGSD
Asal : Soppeng
Motto : Tidak ada kata menyerah, semangat…….!!!!
3. Nama : Nurul Fadhilah Yaumil
Nim : 095104009
TTL : Ujung Pandang, 4 November 1991
Fakultas : Bahasa dan Sastra
Jurusan : Bahasa dan Sastra Indonesia
Asal : Gowa
Motto :
4. Nama : Nurbaya
Nim : 095104057
TTL : Maros, 15 Okteber 1991
Fakultas : Bahasa dan Sastra
Jurusan : Bahasa dan Sastra Indonesia
Asal : Maros
Motto :
5. Nama : Rosita Fitriany S.
Nim : 095104020
TTL : Wamena, 20 April; 1991
Fakultas : bahasa dan Sastra
Jurusan : Bahasa dan Sastra Indonesia
Asal : Gowa
Motto :
6. Nama : Sri Ekawati
Nim : 095104099
TTL : Maros, 23 September 1991
Fakultas : Bahasa dan Sastra
Jurusan : Bahasa dan Sastra Indonesia
Asal : Maros
Pesan :
Kesan :
7. Nama : Nana Munawwarah Syam
Nim : 0948704280
TTL : Majannang, 23 September 1991
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Jurusan : PGSD
Asal : Gowa
Pesan :
Kesan :
8. Nama : Rezki Pratiwi
Nim : 094704399
TTL :
Fakultas :
Jurusan :
Asal :
Pesan :
Kesan :
9. Nama : Jumasni
Nim : 094704264
TTL : Mamuju, 5 Desember 1991
Fakultas : Ilmu pendidikan
Jurusan : PGSD
Asal : Soppeng
Pesan :
Kesan :
10. Nama : Firmansyah
Nim : 096114048
TTL : Siwa, 18 september 1991
Fakultas : Ilmu Sosial
Jurusan : PPKn
Asal : Wajo
Pesan :
Kesan :
B. LAMPIRAN II
1. Daftar hadir mahasiswa
a) Daftar hadir mahasiswa KKN PBA
1. Bulan Juni
TGL Nama Mahasiswa
Ahmad Munawir Saleh Wahyuni Nurul Fadhialh yaumil Nurbaya Sri Ekawati Jumasni Rezki pratiwi Rosita Fitriany S. Nana Munawwarah syam Firmansyah
23
24
25
26
27
28
29
30
2. Bulan Juli
TGL nama mahasiswa
Ahmad Munawir Saleh Wahyuni Nurul Fadhilah yaumil Nurbaya Sri Ekawati Jumasni Rezki pratiwi Rosita Fitriany S. Nana Munawwarah syam Firmansyah
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
3) Bulan Agustus
TGL nama mahasiswa
Ahmad Munawir Saleh Wahyuni Nurul Fadhilah yaumil Nurbaya Sri Ekawati Jumasni Rezki pratiwi Rosita Fitriany S. Nana Munawwarah syam Firmansyah
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
C. LAMPIRAN III
Daftar warga belajar dan daftar hadir.
1. Daftar Warga belajar
1. Nama : A. Nadira
Umur : 21 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
2. Nama : Baleng Juni
Umur : 69 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak Sekolah
3. Nama : Hermawatih
Umur : 25 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
4. Nama : Indo Tahang
Umur : 60 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak Sekolah
5. Nama : Melleng
Umur : 73 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
6. Nama : Nurming
Umur : 24 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak sekolah
7. Nama : Rawasiah
Umur : 49 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak sekolah
8. Nama : Saheri
Umur : 40 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
9. Nama : Sioja
Umur : 60 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak Pernah Sekolah
10. Nama : Tahang
Umur : 45 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
11. Nama : Ambo Alang
Umur : 26 Tahun
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pekerjaan : Swasta
Pend. Terakhir : SD
12. Nama : Cora
Umur : 57 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
13. Nama : Hj. Swara
Umur : 65 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
14. Nama : Jare
Umur : 56 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
15. Nama : Mujiati
Umur : 28 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak tamat SD
16. Nama : Baleng
Umur : 45 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak tamat SD
17. Nama : Renteh
Umur : 71 Tahun
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pekerjaan : Petani
Pend. Terakhir : Tidak pernah Sekolah
18. Nama : Sampu
Umur : 72 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Belum pernah sekolah
19. Nama : Sitti Hawang
Umur : 45 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak tamat SD
20. Nama : Tanni
Umur : 50 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
21. Nama : Ani
Umur : 23 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
22. Nama : Damis
Umur : 45 Tahun
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pekerjaan : Petani
Pend. Terakhir : Tidak tamat SD
23. Nama : Husni
Umur : 28 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
24. Nama : Made
Umur : 65 Tahun
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pekerjaan : Petani
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
25. Nama : Nangnga
Umur : 47 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
26. Nama : Oji
Umur : 21 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
27. Nama : Rosnah
Umur : 43 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolaah
28. Nama : Samsiar
Umur : 41 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
29. Nama : Suarni
Umur : 25 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
30. Nama : Tase’
Umur : 50 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak tamat SD
31. Nama : Badi’
Umur : 54 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
32. Nama : Darnawati
Umur : 19 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
33. Nama : Ida
Umur : 48 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak tamat SD
34. Nama : Marilau
Umur : 57 Tahun
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pekerjaan : Petani
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
35. Nama : Nurlina
Umur : 29 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak tamat SD
36. Nama : Odding
Umur : 37 tahun
Jenis Kelamin : laki-laki
Pekerjaan : Petani
Pend. Terakhir : SD
37. Nama : Saheri
Umur : 50 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
38. Nama : Sengnga
Umur : 51 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
39. Nama : Suriana
Umur : 20 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
40. Nama : Wettoeng
Umur : 37 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak tamat SD
41. Nama : Baleng
Umur : 38 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
42. Nama : Harianto
Umur : 25 Tahun
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pekerjaan : Petani
Pend. Terakhir : SD
43. Nama : Indo Asse
Umur : 35 Tahun
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
44. Nama : Marniwi
Umur : 37 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
45. Nama : Nurina
Umur : 24 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
46. Nama : Puang Semma
Umur : 70 Tahun
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pekerjaan : Petani
Pend. Terakhir : Tidak pernah sekolah
47. Nama : Nurung
Umur : 37 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak tamat SD
48. Nama : Sinimbre
Umur : 39 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
49. Nama : Suwarni
Umur : 40 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : SD
50. Nama : Yalle
Umur : 38 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : IRT
Pend. Terakhir : Tidak tamat SD
2. Daftar hadir warga belajar
No Nama Pertemuan ke-
I II III IV V VI VII VIII IX X
1 A. Nadira
2 Baleng Juni
3 Hermawatih
4 Indo Tahang I
5 Melleng A
6 Nurming
7 Rawasiah
8 Saheri A
9 Sioja A
10 Tahang
11 Ambo alang A
12 Cora
13 Hj. Swara A
14 Jare
15 Mujiati
16 Baleng A
17 Renteh
18 Sampu A
19 Siti Hawang
20 Tanni A
21 Ani
22 Damis A
23 Husni
24 Made A
25 Nangnga
26 Oji
27 Rosnah
28 Syamsiar A
29 Swarni
30 Tase’ A
31 Badi
32 Darmawati
33 Ida
34 Marilau A
35 Nurlina
36 Odding I
37 Saheri
38 Sengnga A
39 Suriana I
40 Wettoeng
41 Baleng
42 Harianto
43 Indo asse A
44 Marniwi
45 Nurina
46 Puang semma A
47 Nurung
48 Sinimbre
49 Swarni A
50 Yalle
No Nama Pertemuan ke-
XI XII XIII XIV XV XVI XVII XVIII IX X
1 A. Nadira
2 Baleng Juni
3 Hermawatih
4 Indo Tahang
5 Melleng A
6 Nurming
7 Rawasiah
8 Saheri
9 Sioja
10 Tahang
11 Ambo alang A
12 Cora
13 Hj. Swara
14 Jare
15 Mujiati
16 Baleng
17 Renteh A
18 Sampu
19 Siti Hawang
20 Tanni
21 Ani A
22 Damis A
23 Husni
24 Made A
25 Nangnga A
26 Oji
27 Rosnah
28 Syamsiar A
29 Swarni
30 Tase’
31 Badi A
32 Darmawati A
33 Ida
34 Marilau
35 Nurlina
36 Odding A
37 Saheri
38 Sengnga
39 Suriana A
40 Wettoeng
41 Baleng
42 Harianto A
43 Indo asse A
44 Marniwi
45 Nurina A
46 Puang semma A
47 Nurung
48 Sinimbre A
49 Swarni
50 Yalle
D. LAMPIRAN IV
5. Program Utama
a) Pemberantasan Buta Aksara di Desa Inrello
6. Program kerja tambahan
a) Membersihkan Kantor Desa Inrello
b) Memperbaharui Cat Pagar Kantor Desa Inrello
c) Memperbaharui Papan “PEMONDOKAN BIDAN” Desa Inrello
d) Kerja Bakti/membersihkan “Toga Desa” di Kantor Kecamatan
e) Lomba Memasak di Kantor Kecamatan
f) Bimbingan Bela jar bahasa Inggris, bagi anak SD.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
AKU DAN MASAKU
Ahmad Munawir Saleh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar